Search This Blog

Sunday, January 9, 2011

Hubungan Komunitas dan Media


Tujuan sebuah strategi hubungan komunitas adalah untuk mengembangkan hubungan satu-satu dengan calon dan audiens yang sudah ada. Kata yang diucapkan secara luas merupakan bentuk periklanan yang paling efektif, dan usaha public relations dapatlah sangat efektif untuk menghasilkan iklan dari mulut ke mulut. Strategi iklan meliputi penyiaran langsung di lokasi, penampilan personality stasiun, dan wisata stasiun, sebagaimana publisitas dan press releases.

Remote, Penampilan dan Tour

Remote, penyiaran dari lokasi selain studio stasiun, sering terjadi dalam hubungan dengan kegiatan promosi penjualan, tapi mereka juga mungkin digunkan untuk menghasilkan jarak penglihatan yang lebih tinggi untuk personality stasiun. Penyiaran dari puncak tiang bendera, billboard antar Negara, cabin bawah air, atau lokasi aneh lainnya mungkin menghasilkan baik publisitas gratis untuk stasiun maupun pendengar yang lebih banyak diantara audiens dan bukan audiens terdahulu. Beberapa remote broadcast bahkan mungkin berasal dari luar area stasiun. Misalnya, beberapa stasiun telah mengirim personality mereka yang paling terkenal saat wisata keliling dunia (biasanya bagian dari promosi penjualan agen perjalanan) yang meliputi penyiaran dari “30 negara dalam 30 hari”. Tipu muslihat lainnya untuk stasiun yang lebih labil adalah mengirimkan personality controversial pada situs skandal terpanas untuk menarik partisipan dengan wawancara langsung, laporan pseudo-investigative, dsb.
Penampilan personality yang lebih jauh mungkin melibatkan pidato kelompok kenegaraan daerah, sebuah stasiun softball atau tim basket, wawancara dalam penyiaran atau pertunjukan TV kabel, dan partisipasi publik dalam acara komunitas. Saat tiap orang belajar cara yang sulit, personality stasiun perlu melengkapi instruksi yang menghormati waktu dan lokasi pasti penampilan dan jumlah yang cukup untuk item hadiah stasiun (stiker, foto, dsb). Jika penampilan adalah sebelum organisasi kenegaraan, personality nya ingin menunjukkan sebuah videotape singkat mengenai stasiun tersebut, yang perlu disediakan, sepanjang peralatan proyeksinya sesuai. Manajer promosi seharusnya menyediakan pimpinan organisasi dengan biografi kepribadian, mengatur ulasan media dengan surat kabar dan stasiun TV setempat jika sesuai, dan menyediakan fotografi dan salinan biografi personality lainnya pada editor atau newsletter organisasi. Lebih baik memiliki pembunuhan besar-besaran daripada kesempatan yang terbuang dan gangguan semua cara disekitarnya.
Wisata stasiun biasanya dipimpin oleh manajer promosi. Keanekaragaman SMA, badan kenegaraan, dan bahkan kelompok pendengar sering ingin melihat fasilitas stasiun. Beberapa stasiun bahkan disponsori oleh program radio kejuruan (untuk kelompok seperti Boy Scout Explorers atau kelompok radio SMA daerah). Manajer promosi biasanya menjadi penasehat organisasi dan mengumpulkan persediaan semangat intern stasiun yang hamper takkan habis.
Remote khusus dan penampilan kepribadian dapat menjadi taktik pemeliharaan yang baik. Mereka memberi pendengar setia kesempatan untuk secara dekat mengenali stasiun. Pada acara komunitas yang disponsori oleh stasiun, pendengar setia seharusnya menerima perhatian khusus (seperti tempat duduk utama, tiket gratis, atau hadiah stasiun). Seperti percikan mungkin diperoleh undangan on-air secara acak, surat langsung, atau usaha telemarketing.


Douglas A. Ferguson dan William J. Adams

No comments: